Hapal Alquran, Kuliah Gratis di IAIN Raden Fatah Hingga S2

Selasa, 02 Juni 20090 komentar

Siapa saja yang hapal Alquran, dapat kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang hingga jenjang S2, secara gratis. Hapal Alquran itu hingga 30 juz. Jatah untuk siswa tamatan SMA atau sederajatnya ini sebanyak 200 kursi.

Demikian dikatakan Pembantu Rektor I IAIN, Prof Dr M Sirozi MA PhD di kampus IAIN Raden Fatah, Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Senin (01/06/2009). Katanya, kesempatan tersebut dibuka seluas-luasnya bagi lulusan SMA/MAN. Penilaian dilakukan dalam dua tahap, yakni melalui prestasi akademik yang dibuktikan dengan nilai raport minimal rata-rata 7 atau duduk sebagai rangking satu hingga lima di kelasnya.

“Kalau pendaftaran melalui jalur PMDK, pembayaran tetap berlaku kecuali bila siswa memiliki kemampuan hapal Alquran," kata Sirozi.

Metode hapal Alquran bukan sebatas membaca saja namun pengucapannya harus benar. Nantinya akan disediakan tim seleksi khusus bagi siswa yang masuk melalui program ini. Batasan penilaian dibuktikan melalui sertifikat hapal Alquran dari lembaga berwenang.
Selanjutnya baru dilakukan seleksi di tingkatan IAIN. Bentuk beasiswa, yakni bila hapal Alquran 10 juz maka diberikan penghargaan berupa beasiswa bebas SPP selama satu tahun. Lain halnya bila hapal Alquran 20 juz juga akan digratiskan SPP selama dua tahun. Puncaknya kalau siswa berani mengambil poin ketiga, yakni hapal Alquran hingga 30 juz, dengan senang hati pihak IAIN akan memberikan kesempatan kuliah hingga program S2 secara gratis. Selama yang bersangkutan tidak pindah kuliah di tempat lain.

“Program ini sebagai bentuk penghargaan kita terhadap siswa yang berprestasi dalam hal penguasaaan Alquran,” kata Sirozi.

Pendaftaran bisa dilakukan secara koletif melalui sekolah atau siswa dengan mendatangi sekretariat panitia penerimaan siswa baru IAIN Raden Fatah Palembang. Selain penggratisan biaya kuliah, IAIN juga memberikan kesempatan bagi siswa yang terpilih menentukan fakultas sesuai minatnya sebelum ketersediaan daya tampung penuh.

"Pokoknya tiap kelas kita alokasikan 40 persen bagi siswa PMDK, Khusus untuk siswa yang hapal Alquran atau kuliah gratis berkuota lima hingga 10 persen per kelas," kata Sirozi.

Program ini, diakui Sirozi, sudah berjalan sejak dua tahun lalu. Peminatnya cukup banyak. Namun, baru ada satu siswa saja yang dikuliahkan gratis hingga jenjang S2. Khusus yang gratis SPP mencapai puluhan siswa.

“Kita baru satu siswa saja yang gol hingga S2 gratis. Sisanya cuma bebas SPP setahun dan dua tahun saja," kata Sirozi.

Umumnya peminat beasiswa Alquran, adalah lulusan MAN atau pondok pesantren. “Tapi kesempatan masih terbuka. Siapapun bisa daftar. nanti diseleksi sampai 30 Juli mendatang,” kata Sirozi

Sumber : detik.com Via Yahoo Mail


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Majelis Ta'lim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger